Tanggulangi Kebakaran Hutan, Kapolda dan Pemda diminta Responsif

tanggulangi-kebakaran-hutan-kapolda-dan-pemda-diminta-responsifMerdeka.com – Rapat koordinasi yang dipimpin oleh UKP4 bersama Kapolri, Mendagri beserta Kapolda terkait penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di 7 provinsi telah. Dalam rapat itu menghasilkan beberapa putusan untuk menanggulangi kebakaran yang terjadi di beberapa titik api.

“Kapolda yang diundang adalah yang sekarang daerahnya terdapat titik api. Tentu kalau koordinasi bisa lebih cepat ditanggulangi,” kata Deputi Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Mas Achmad Santosa kepada wartawan di Gedung UKP4, Jakarta, Jumat (19/9).

Selain itu, Achmad mengatakan akan memberikan data secara reguler kepada pihak polda yang daerahnya terdapat titik api. Sehingga pihak polda nantinya akan menunjuk orang untuk menggunakan data tersebut.

kemenhut-sebut-6000-hektare-hutan-di-riau-dan-sumut-terbakarMenurut Achmad di sinilah peran aktif Kapolda. Sebab, Kapolda harus mendorong pimpinan daerah untuk bertindak lebih responsif dalam menanggulangi masalah kebakaran hutan.

Tak hanya Kapolda, BP Redd+ dan pihak lain pun diminta untuk mendorong sikap dari pada pemimpin daerah. Pasalnya, tidak sedikit pimpinan daerah yang peduli terhadap bencana yang menimpa daerahnya.

“Kapolda, BP Redd+ dan pihak lain perlu mendorong pemerintah daerah agar lebih responsif dalam menanggulangi masalah kebakaran hutan. Karena tidak sedikit pimpinan daerah yang tidak antusias menanggulangi masalah ini,” tegas Achmad.

kebakaran-hutan-di-jambi-aceh-diselimuti-kabut-asap-tebalPada rapat koordinasi terkait penanggulangan kebakaran hutan yang terjadi di beberapa Provinsi di Indonesia terlihat hadir pihak UKP4 Achmad Santosa, BP Redd+ William Sabandar, pihak BNPB, perwakilan Kementerian Kehutanan, dan 7 Kapolda, serta mantan Kapolda Riau.

Di antaranya, mantan Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono, Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly B. Hermawan, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Saud Usman Nasution, Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Muchfud Arifin, Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol Arief Sulistyanto, Kapolda Kalimantan Timur Brigjen Pol Andayono, Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Bambang Hermanu, dan Kapolda Jambi Brigjen Pol Bambang Sudarisman.

Sumber:
http://www.merdeka.com/peristiwa/tanggulangi-kebakaran-hutan-kapolda-dan-pemda-diminta-responsif.html

Berita Lainnya:
http://www.merdeka.com/peristiwa/kemenhut-sebut-6000-hektare-hutan-di-riau-dan-sumut-terbakar.html

Share

2 Responses to “Tanggulangi Kebakaran Hutan, Kapolda dan Pemda diminta Responsif”

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>