Presiden: Jangan jadi Tukang Tadah ‘Illegal Logging’

media_indonesiaBOGOR–MICOM: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta negara-negara lain untuk tidak menjadi “tukang tadah” terhadap hasil pembalakan liar yang dilakukan di Indonesia.Hal itu dikatakan Presiden Yudhoyono, dalam puncak acara Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional di Bukit Merah Putih, Sentul, Citeureup, Bogor, Senin (28/11).Yudhoyono mengatakan hal itu saat mengadakan percakapan jarak jauh dengan sejumlah pejabat daerah Kalimantan Timur.Menurut Kepala Negara, pemberantasan pembalakan liar adalah salah satu cara untuk merawat dan melestarikan hutan.

Dalam sambutannya, Yudhoyono menegaskan bahwa Indonesia telah mencanangkan gerakan penanaman pohon minimal satu miliar pohon setiap tahun. Gerakan ini, katanya, akan memberikan sejumlah dampak positif di masa datang, yaitu mencegah pemanasan global, mencegah bencana alam, dan menjaga ketahanan pangan.

Dalam acara itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga menanam pohon.  Lokasi penanaman berada di dalam komplek “Indonesia Peace and Security Center”, Bukit Merah Putih.

Dalam acara itu, Presiden Yudhoyono didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati.

Beberapa menteri juga turut mendampingi, antara lain Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Dalam acara tersebut, Kepala Negara juga memberikan penghargaan kepada gubernur dan bupati yang memenangkan lomba penanaman satu miliar pohon pada 2010 dan lomba penghijauan dan konservasi alam wana lestari 2011.

Musisi senior Iwan Fals juga hadir dalam acara tersebut. Dia mempersembahkan dua lagu bertema penanaman pohon dan pelestarian lingkungan. (Ant/wt/X-12)

Media Indonesia, Senin, 28 November 2011 13:20 WIB
***
Share

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>