Pemerintah Jerman Bantu Pengelolaan Hutan di Kalbar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Pemerintah Jerman membantu Pemerintah Indonesia dalam kelola hutan, perubahan iklim dan ekonomi hijau, yang salah satunya diterapkan di Provinsi Kalimantan Barat. Tujuannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitar hutan, serta wilayah konservasi.

HutanBertempat di Hotel Gardenia, Sabtu, (16/11/2013), hadir perwakilan ppemerintah Jerman diwakili GIZ Forests and Climate Change (Forclime), Asisten II Setda Provinsi Kalbar, Kepala Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS). Bappeda Provinsi, serta Kepala Balai Kelestarian Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar.

Pertemuan tersebut juga, dihadiri sebanyak 14 delegasi dari tiga kementerian teknis dari Pemerintah Jerman seperti, dari BMZ (Kementerian Pembangunan dan Kerjasama Teknis), BMU (Kementerian Lingkungan Hidup dan Keamanan Nuklir), KfW (Bank Pembangunan).

Manager Area Strategic Screen Economy, GIZ, Heinrich Terhorst mengatakan bahwa fokus tata kelola hutan, berada di Kabupaten Kapuas Hulu dan pembangunan wilayah regional yang diterapkan di tiga kabupaten, yaitu, Kabupten Singkawang, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas.

“Dengan kerjasama ini, kita ingin melihat program negosiasi dan penerapan proram yang dijalankan pemerintah Jerman dengan Indonesia seperti tata kelola hutan. Program itu mendapat dana selama dua tahun. Proyek ini menjadi sangat penting sebagai pembelajaran bersama juga,” kata Heinrich.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2013/11/16/pemerintah-jerman-bantu-pengelolaan-hutan-di-kalbar

Share

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>