Partisipasi Publik Tidak Berarti Tanpa Jaminan Keterbukaan Informasi Publik

Tabel 1. Tahapan Permohonan Informasi
tahapan

Diperolehnya informasi yang dimohonkan, memberikan rasa aman bagi Bapak Darmawa. Karena dengan SK tersebut, beliau dan ratusan penggarap lainnya mendapat kepastian bagi areal yang selama ini digarapnya.

Pelatihan akses informasi sangat membantu masyarakat, yang asalnya tidak tahu menjadi tahu, dan proses untuk mencari informasi menjadi lebih mudah” ujar Bapak Darmawa. “Saya akan membagikan materi pelatihan yang saya dapat kepada pengurus HKm Sapit lainnya dan juga akan memintakan informasi lain kembali”, lanjutnya.

Bukan Sekedar Memperoleh Informasi
Tidak hanya soal informasi yang didapat, namun hal yang paling mendasar dan penting adalah masyarakat sudah memiliki kesadaran akan haknya untuk tahu. Karena dari permohonan yang dilakukan masyarakat, secara tidak langsung akan ikut menyadarkan badan publik akan keterbukaan informasi. Semakin banyak masyarakat yang memohonkan informasi, maka memaksa badan publik untuk berbenah dalam pelayanan informasi. Dari proses itulah yang akhirnya menciptakan partisipasi publik dalam penyelenggaraan pembangunan hutan yang adil dan lestari. (LR)

English version of this Story:
Public Participation Means Nothing Without Guarantee of Public Information Disclosure

Share

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>