Banjir Bandang Sigi bukan karena Pembalakan Liar

PALU–MICOM: Banjir bandang yang melanda Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (3/12), bukan disebabkan pembalakan liar di wilayah itu.

“Bencana banjir itu sama sekali bukan illegal logging (pembalakan liar), tetapi karena ada tiga aspek yang paling berperan,” kata Kepala Balai Taman Nasional Lore-Lindu (BTNLL) Harijoko, di Palu, Jumat (16/12).Ia mengatakan tim BTNLL yang menyurvei dan meneliti lokasi banjir di Desa Bolapapu tidak menemukan indikasi terjadi pembalakan liar. Tim memang menemukan beberapa potongan kayu dari hasil tebangan yang terbawa banjir tapi bukan hasil pembalakan liar. Potongan kayu-kayu tersebut berasal dari kebun masyarakat yang terbawa banjir.BNTLL memastikan banjir bandang di Kulawi disebabkan faktor alam. Tiga faktor penyebab terjadinya banjir bandang di sana, yakni curah hujan tinggi, batu-batuan rapuh, dan tumbuhan penyerap air sudah berkurang.

YASHICA Digital CameraKetiga aspek itulah yang merupakan penyebab utama banjir bandang di Kecamatan Kulawi. Apalagi, kata Harijoko, masyarakat adat Kulawi sejak turun-temurun sangat ramah terhadap hutan yang ada di sekitarnya.

Menurut dia, hingga saat ini masyarakat adat Kulawi masih tetap menjaga, dan mempertahankan budaya ramah lingkungan yang diwarisi nenek moyang mereka turun-temurun.

Ia mengakui ada warga yang pernah ‘nakal’ dengan membuka kebun dalam areal hutan lindung tapi jumlahnya tidak banyak dan sudah tidak ada lagi pembukaan lahan baru di kawasan hutan lindung.

Beberapa bulan sebelumnya, katanya, ada kebun warga yang ditemukan petugas BTNLL di wilayah Dusun Namo, Kecamatan Kulawi, tetapi sudah dimusnahkan.

“Jadi sekali lagi banjir bandang di Kulawi bukan akibat dari illegal logging,” tegas Harijoko. (Ant/OL-10)
www.mediaindonesia.com, Jumat, 16 Desember 2011 12:04 WIB

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/16/284599/290/101/Banjir-Bandang-Sigi-bukan-karena-Pembalakan-Liar

***

Share

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>